Posted on

KP

Senin, 16 Januari 2012

Hari pertama saya melaksanakan KP di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Banjar.

Pekerjaan pertama installasi PC. Kendalanya yaitu driver PC lama yang susah dicari. Solusi dari pembimbing dicari di pcidatabase.com dengan memasukan vendor id dan device id.

 

Selasa, 17 Januari 2012

Hari kedua, pekerjaan saya melakukan pemasangan access point di SLB N Banjar, sebuah sekolah baru yang masih dalam tahap pembangunan. Pemasangan dilakukan berdasarkan titik terbanyak pengguna hal ini memungkinkan agar sinyal kuat tepat di area yang banyak digunakan.

Kendala yang terjadi banyak, mulai dari sumber listrik yang terlalu jauh sehingga menarik kabel baru. Kemudian masalah antena, pada dasarnya antena asli dari vendor yang dibeli hanya berkisar 3db, dan ini menjadikan luas cakupan kecil. Sehingga pada implementasinya antena AP diganti menggunakan yang 5db, hal ini memungkinkan sinyal kuat dan mencakup hampir semua area sekolah.

Pada saat pengetesan menggunakan sebuah software, ada interferensi di beberapa ruangan. Mulai dari adanya sinyal lain yang menggunakan chanel yang sama, dan penghalang dinding-dinding. Pada akhirnya chanel defaul (6) diganti ke chanel (1).

 

Rabu, 18 Januari 2012

Hari ketiga, kegiatan hari ini tidak terlalu rumit hanya butuh kesabaran extra karena menghadapi para guru yang usianya sudah rata2 kepala 4. Kegiatan nya yaitu MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), mata pelajaran PKn. Materi yang diberikan yaitu pembuatan blog atau istilah kerennya GO’Blog.

Bertempat di SMP N 4 Banjar kegiatan berlangsung selama 3 jam, dari jam 10:00-13:00.
Disini saya membantu pembimbing yang menjadi pembicara dan saya sebagai “asisten” dalam acara tersebut,hehe
Pada awal, sempat saya sudah tanyakan ke beberapa peserta, “Bapak/Ibu sudah punya email belum?”. Jawabnya, “email itu yang mana, facbook?”. Saya bingung ko email=facebook..??
Disini saya jelaskan bahwa email adalah sebuah alamat pribadi/organisasi/instansi yang digunakan untuk berhubungan diinternet (pesan pada umumnya).

Pembicara sudah mengarahkan pada pendaftaran akun blog, disini menggunakan wordpress. Setelah bla..bla..bla.. menjelaskan, banyak lagi yang bertanya, alamat blog yang akan didaftarkan itu bagaimana?hmm
akhirnya saya bantu kembali, dan saya jelaskan. “Alamat blog itu seperti alamat email juga, tidak boleh ada yang sama 1 sama lain”. Kemudian para peserta mulai mendaftar.

Jreng, kasus pun terjadi. Pada saat itu banyak error pada pendaftran, error 666 disini menurut saya terjadi karena saat bersamaan 1 IP modem dan mungkin 1 IP Publik ISP mengakses server yang sama secara bersamaan dan dianggap sebagai penyerangan. Akhirnya didaftarkan satu per satu, dan peserta pun akhirnya menikmati blog mereka, walau tidak semua fungsi di jelaskan karena terkendala waktu.

Leave a Reply

